LKBH Garuda Yaksa Berikan Bantuan Hukum Gratis Bagi Warga Miskin

BREBES – Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Bulakamba, Kabupaten Brebes, berkomitmen memberikan layanan dan bantuan hukum bagi masyarakat miskin di wilayahnya. Hingga kini, LKBH telah memberikan layanan pendampingan hukum terhadap belasan kasus yang menjerat warga kurang mampu.

Ketua LKBH Garuda Yaksa, Surlilipali mengungkapkan, LKBH merupakan kembaga non profit yang didirikan tujuan memberikan pelayanan hukum secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum, namun tidak mampu, buta hukum atau yang tertindas. Lembaganya itu berdiri sejak tahun 2020 lalu.

“Kita berkomitmen memberikan pelayanan hukum untuk masyarakat miskin yang termajinalkan. Dalam artian, orang yang tidak mampu secara finansial kita bantu tanpa dipungut biaya, baik itu perkara pidana maupun perkara perdata. Selain bantuan hukum, kami juga memberikan konsultasi hukum bagi masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya didampingi Sekretaris LKBH Garuda Yaksa, Bambang, kemarin.

Lebih lanjut dia mengatakan, sejak LKBH berdiri tahun 2020, tercatat sudah ada 13 kasus hukum yang didampingi, Dari jumlah tersebut, 10 kasus sudah final selesai, dan 3 lainya dalam proses penyelidikan, penyidikan dan tahap mediasi. “Untuk dana operasional kegiatan, selama ini ditanggung bersama oleh seluruh anggota yang masih aktif sekitar 20 anggota,” pungkasnya.

(din_red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.