33.000 Butir Petasan Disita Polisi Saat Ops Pekat

brebescanal.com– Sebanyak 33.000 butir petasan jenis korer api disita jajaran Satuan Samapta Polres Brebes, saat menggelar razia penyakit masyarakat (Pekat) menjelang Lebaran. Puluhan ribu petasan tersebut diamankan dari puluhan pedagang yang tersebar di Kabupaten Brebes.

Kasat Samapta Polres Brebes, AKP Suraedi mengatakan, operasi pekat dilaksanakan rutin jajarannya selama Ramadhan, termasuk dalam menjelan Lebaran tahun 2022. Sasarannya adalah peredaran minuman keras (miras), perjudian, petasan dan prostitusi. “Ini kami lakukan untuk mencegah dan memberantas segala bentuk penyakit masyarakat demi menjaga kondusivitas dan kesucian bulan Ramadhan,” ujarnya, Minggu (24/04).

Dia mengungkapkan, dari hasil operasi tersebut, sebanyak 33.000 petasan jenis korek api berhasil diamankan dari puluhan pedagang. Mereka yang menjual petasan itu, sementara hanya diberikan peringatan dan pembinaan di lokasi, agar tidak menjual lagi. Mengingat, adanya petasan dapat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas. “Total ada 33.000 petasan jenis korek api yang kami amankan dari 2 lokasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menegaskan, operasi pekat tersebut akan terus dilaksanakan selama bulan Ramadan. Langkah itu sebagai upaya mengantisipasi terjadinya tindak kriminalitas dan menjaga situasi Kamtibmas wilayah Brebes yang aman dan kondusif. “Kami imbau masyarakat agar tidak terlibat dan menjauhi segala bentuk penyakit masyarakat. Terutama, saat ini di bulan Ramadhan sehingga dapat tercipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di Brebes,” pungkasnya.

(bc02_red)