Amankan Arus Mudik, Polres Brebes Siagakan 581 Personel

brebescanal.com – Sebanyak 581 personel gabungan Polri, TNI dan instansi terkait, diterjunkan untuk mengamankan arus mudik dan balik Lebaran tahun 2022, di Kabupaten Brebes. Penerjunan ratusan personel ini, ditandai dengan apel pasukan Operasi Ketupat Candi 2022 di halaman Mapolres Brebes, kemarin (22/04/2022).

“Dengan Operasi Ketupat Candi 2022, kita tingkatkan sinergitas Polri dengan instansi terkait, dalam rangka memberikan rasa aman dan sehat pada perayaan Idul Fitri 1443 H di wilayah hukum Polda Jateng,” ujar Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto yang membacakan sambutan tertulis Kapolri Jenderal Listyo Sigit saat apel pasukan.

Dia mengungkapkan, 581 personel gabungan itu rinciannya, dari jajaran Polres Brebes sebanyak 365 personel, BKO Brimob Polda Jateng 30 personel, BKO Samapta Polda Jateng 30 personel, TNI 58 personel dan instansi terkait sebanyak 156 personel. Yakni, dari Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Setkom dan Damkar. “Berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu, pada tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat, untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya telah melakukan antisipasi daerah rawan kemacetan akibat persimpangan maupun pasar tumpah yang ada di wilayah Brebes. “ Beberapa jalur favorit arus mudik dan arus balik di Brebes di antaranya melalui Tol, Jalur Pantura, Jalur tengah dan Jalur selatan. Di titik ini kita gelar personil untuk melakukan pengamanan,” terangnya.

Pihaknya, sambung dia, juga akan berkoordinasi dengan Polda Jateng. Ini apabila di jalur Pejagan-Prupuk mengalami kemacetan. Yakni, dengan mengalihkan lewat exit tol Tegal dan Pemalang bagi masyarakat yang akan menuju purwokerto.

(bc02_red)